Aneka Makanan khas yang dapat anda temui di Kabupaten Kayong Utara

Makanan khas merupakan makanan yang bisa dikomsumsi di suatu daerah tersebut dan cocok dengan lidah masyarakat setempat dan makanan ini hanya bisa di temui di daerah tersebut.          

Setiapa orang luar berkunjung atau liburan ke suantu daerah pasti nanti nya akan berburu oleh2 atau makanan khas kota tersebut,khususnya kab. Kayong utara. Berikut berbagai jenis makanan  khas kayong yang dapat anda temui.

Pertama lempok durian., Lempok durian merupakan salah satu jenis makanan khas kayong yang terbuat dari buah durian., Konon katanya asal muasal lempok durian bermula dari membludaknya buah durian di Kayong. Oleh karena itu orang-orang Kayong berinisiatif untuk mengolah buah durian agar tidak mudah busuk, oleh sebab itu masyarakat membuat lempok durian dan ternyata lempok ini bisa di terima di lidah masyarakat setempat maupun turis lain nya. makanan ini hanya bisa anda temui di Kab. kayong Utara saja. Lempok durian bisa bertahan sampeh 1 tahun asalkan di simpan ke lomari pendingin.  

Kedua tempoyak durian, tempoyak durian juga termasuk makanan khas kayong. Dan bahan nya pun dari buah durian, tempoyak durian biasanya di campurkan dengan masakan gulai asam pedas, dan tentunya bisa menambah rasa yang unik dalam masakn tersebut dan tentunya sangat enak.

Selanjutnya selai durian, selai durian juga hampir sama dengan lempok durian, lempok durian lbih padat sedangkan selai durian atau gula durian ini tekstur Nye lebih lembut dan cocok di makan dengan roti dan teh hangat.

Dan yang terkhir rebung kering, rebung kering ini terbuat dari bambu muda. Karena di sini banyak pegunungan jadi msyarakt memamfaatkan hasil alam, salah satunya bambu muda yng diolah menjadi rebung kering. Pengolah bambu muda cukup dijemur sampai kering sehingga nantinya menjadi makanan yang enak. Rebung kering bisanya di masak dengan santan dan di tambah sayuran lain yang akan menambah cita rasa yang enak. Rebung kering rasanya seperti jamur kuping. 

Makanan di atas tersebut merupakan makanan yang ketika di simpan bisa bertahan lama dan tidak mudah basi., cocok untuk di beli sebagai oleh oleh ketika berkunjung di daerah Sukadana .
      
Jadi, untuk para pengunjung atau orang asing ketika berkunjung ke kota betuah kayong ini, jangan sampai lupa membawa oleh2 makanan khas Kayong ini., Di jamin enak dan harganya bersahat. \ HRYT

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama