Mengenal Kegiatan MAS ELING ( Magrib Isya Keliling )

Kegiatan Mas Eling bersama ustad Amiruddin 

Kegiatan Magrib Isya keliling atau yang disingkat MAS ELING ini digagas oleh Ustadz Amiruddin asal Desa Rantau Panjang, yang dikenala sebagai ustad muda yang kreatif dan inovatif. Kegiatan ini dimulai pada pertengahan tahun 2020, dengan jamaah sebanyak 40 – 100 orang, yang terdiri dari kebanyakan para kawula muda yang tersebar dibeberapa tempat khususnya Transmigrasi Desa Rantau Panjang.

 

Konsep kegiatan Mas Eling ini dilakukan rutin setiap malam jum`at dari satu surau ke surau yang lain, dengan materi ngaji kitab Fiqih, Tajwid dan Tauhid serta diselingi dengan dialog antara pemateri dan jamaah.

 

Menurut ustadz Amiruddin tujuan kegiatan ini sangatlah sederhana, yakni membuat kegiatan yang postif pada kawula muda, khususnya para remaja masjid ataupun surau surau, yang merupakan simpul dari pusat berbagai kegiatan.

 

“ tempat kita inikan banyak surau / masjid, maka saya coba pancing dengan kegiatan khusus anak anak muda dengan konsep yang berbeda, bah ternyata banyak yang terarik. Bahkan saat ini permintaan dari tempat tempat lain sangat banyak, hanya masalah waktu saja yang saat ini saya sulit mengaturnya”. Ujar Ustadz Amir

 

Kegiatan Mas Eling dari sejak berdiri hingga saat ini sudah berjalan 3 tahun. Kedepan Uatdz Amir akan membuat kegiatan ini lebih terstruktur dan mencetak kader, untuk dapat melanjutkan dan mengembangkan lagi di surau atau masjid masjid lain yang pengurusnya juga sangat tertarik dengan konsep kegiatan Mas eling ini.

 

Selain program ngaji kitab rutin tiap malam jum`at, Mas Eling juga punya program rutin tahunan, yakni ziarah ke makam makam aulia dan ulama, pada masa kerajaan Tanjungpura era Sukadana kuno dan beberapa makam lainnya di Sukadana serta ke Matan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama