Islam Nusantara Atau Islam Di Nusantara

 

Photo. Gus Rauf Arrahbini, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kayong Utara.

Islam Nusantara adalah sebuah Khoso'is atau Mumayyizat, Ciri khas, yaitu istilah dari implementasi beragama khas nusantara. Islam Nusantara bukan agama baru seperti yg dipelintir oleh sebagian orang yang tidak mengerti.


Definisi Islam Nusantara seperti yg dimaksud oleh pencetusnya adalah Islam Ahlussunnah wal jamaah di bumi nusantara, sesederhana itu…! Iya memang demikian seperti definisi yg telah dirumuskan oleh Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) pada tanggal 13 Pebruari 2016 silam. 


Istilah Islam Nusantara seringkali difahami secara berlebihan dengan membuat definisi sendiri berdasarkan asumsi asumsi yang negatif berbeda dari definisi yang telah diputuskan.

Keputusan Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) tentang Istilah Islam Nusantara Tgl 13 Pebruari 2016.


Didalam kitab Alfiyah Ibnu Malik bahwa tarkib atau susunan kalimat seperti "Islam Nusantara" itu adalah Tarkib Idhofi, terdiri dari Mudhof dan Mudhof Ilaih yg mengira ngirakan makna “Fi” (Di) atau “Li” (Untuk) atau “Min” (Dari) sebagaimana dijelaskan dalam Nadzom Alfiyah berikut ini :


والثاني اجرر وانو من اوفى اذا، لم يصلح الا ذاك واللام خذا


“Bacalah Jar pada kalimat yang kedua yaitu Mudhof Ilaih, bahwa disana ada huruf “Min” (Dari), “Fi” (Di) atau “Li” (Untuk) yang salah satu dari ketiganya dikira kirakan berada ditengahnya (diantara Mudhof dan Mudhof Ilaih) jika patut demikian".


Lembaga Bahsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) dalam penyebutannya tidak langsung menggunakan istilah Islam Di Nusantara tetapi menggunakan istilah Islam Nusantara, setidaknya keputusan penggunaan istilah kata diatas dapat memberikan peluang kemungkinan untuk mengira ngirakan tiga kata yg tersimpan diatas, baik itu Islam Di Nusantara, Islam Untuk Nusantara dan Islam Dari Nusantara.


Wallohu A'lam Bisshawab. 

--------------------------------------------

Penulis

Gus Ra'uf Arrahbini, Alumni Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri Jawa Timur.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama